Artfests 500 logo
Tips

6 Software Terbaik untuk Buat Website eCommerce

jasa pembuatan website online shop

Buat website eCommerce pada dasarnya tidak begitu sulit, asalkan Anda mengetahui software-software unggulan sekaligus cara penggunaannya. Nah, berikut ini beberapa software terbaik yang bisa digunakan untuk membuat website eCommerce Anda. Jangan khawatir, tidak hanya terbaik, semua software ini gratis alias open source. Simak satu per satu, yuk!

  1. Prestashop

Salah satu kelebihan dari software ini adalah sangat mudah digunakan untuk membuat website eCommerce. Tidak hanya itu, Anda pun bisa membuat web toko online sesuai keinginan hanya dengan mengaplikasikan Prestashop. Kelebihan lainnya, di dalam software ini banyak tersedia theme premium. Sayangnya, theme tersebut harus Anda beli. Keterbatasan pilihan custom juga menjadi satu kendala saat menggunakan software ini, termasuk keterbatasan elemen gratis.

  1. OpenCart

Inilah software yang cukup populer di kalangan pebisnis online. Software yang menggunakan sistem keranjang belanja ini tidak membutuhkan keahlian atau pengalaman khusus bagi penggunanya, alias user friendly. Sistemnya sangat sederhana, sehingga siapa pun Anda, termasuk pemula, dapat menggunakannya dengan mudah. Hanya saja, kekurangan dari software ini adalah Anda harus tergantung pada plugin. Karena kesederhanaannya pula, software ini tidak mempunyai fungsi yang kompleks.

  1. osCommerce

Software ini cukup terpercaya sehingga lebih dari 260.000 orang telah menjadi anggotanya. Sebagian besar dari pengguna tersebut berasal dari para pebisnis online. Hal ini menunjukkan bahwa osCommerce sangat dipercaya masyarakat selama lebih dari 15 tahun belakangan ini. Cukup banyak kelebihan dari software yang mempunyai 7000 add-ons ini. Hanya saja, yang menjadi kekurangan dari software ini adalah kurangnya skalabilitas dari website itu sendiri.

  1. Zen Cart

Ini merupakan salah satu software yang mempunyai sistem manajemen produk yang baik. Semua kebutuhan bisnis online Anda bisa terpenuhi dengan mengaplikasikan software ini, mulai dari penyediaan sistem yang dapat Anda kontrol sepenuhnya hingga managemen inventori penjualan. Tidak hanya itu, template yang Anda gunakan pun sudah disesuaikan dengan software ini. Hanya satu kelemahan dari Zen Cart, yaitu user interface. Sistem antarmuka default-nya kurang baik.

  1. WooCommerce

Software yang open source untuk WordPress ini juga menjadi software yang sangat user friendly. Anda dapat dengan mudah menginstal sekaligus men-set up website sendiri, bahkan langsung mengoperasikannya dalam waktu singkat. Tidak hanya user friendly, software ini juga mobile friendly, sehingga memudahkan bagi Anda untuk membuat aplikasi toko online di gadget. Plusnya lagi, WooCommerce juga mempunyai cukup banyak add-on. Sayangnya, software ini hanya bisa digunakan dengan WordPress.

  1. Magento

Banyaknya fitur dalam Magento, membuat software ini mengalami perkembangan sangat cepat. Saat ini, sudah banyak komunitas yang menggunakannya saat buat website eCommerce, baik dalam versi gratis maupun premium.

Dengan beragam macam software untuk website e-commerce, ada baiknya Anda konsultasikan kembali dengan penyedia jasa pembuatan website online shop mengenai software mana yang mereka gunakan, dan yang mana pula yang sesuai dengan keperluan Anda.

Previous Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *