Artfests 500 logo
Teknologi

Gangguan Pada Generator dan Akibatnya

generator

Pada sebuah operasi sistem yang memanfaatkan tenaga listrik, ada banyak kondisi yang berpengaruh terhadap kinerja komponen-komponen di dalamnya. Bisa berupa kondisi yang normal, tanpa beban, berbeban atau lainnya, maupun kondisi yang tidak normal (mengalami gangguan). Adapun komponen dari sistem tenaga listrik yang jika mengalami gangguan akan berpengaruh terhadap kinerjanya adalah generator. Harga generator pun beragam.

Apa Saja Gangguan yang Terjadi Pada Generator?

Ada banyak gangguan yang terjadi pada generator, dan diklasifikasikan ke dalam 3 jenis gangguan, seperti berikut :

Hubung Singkat 3 Fasa
Timbulnya arus lebih yang terjadi pada stator ini maksudnya ialah arus lebih akibat timbulnya hubungan singkat 3 fasa. Gangguan tersebut bisa menyebabkan loncatan bunga api pada suhu tinggi sehingga bisa melelehkan belitan, dampaknya bisa menimbulkan resiko kebakaran apabila isolasi yang digunakan bukan terbuat dari material non flammable (anti api). Untuk itu selain mempertimbangkan harga generator, penting juga untuk memperhatikan kualitas materialnya.

Hubungan Singkat 2 Fasa
Gangguan ini biasa disebut sebagai unbalance fault, dan gangguan ini lebih berbahaya jika dibandingkan dengan gangguan balance fault atau  hubung singkat 3 fasa. Hal ini dikarenakan selain bisa menyebabkan timbulnya kerusakan pada bagian belitan, juga akan timbul vibrasi yang terjadi pada kumparan stator. Adapun kerusakan yang timbul lainnya ialah yang terjadi pada kopling turbin dan poros akibat besarnya momen puntir.

Stator Hubung Singkat 1 Fasa ke Tanah
Kerusakan yang diakibatkan oleh gangguan dua fasa atau yang terjadi antara konduktor terkadang masih bisa diperbaiki, caranya dengan mengganti atau menyambung sebagian konduktor namun terjadinya kerusakan pada laminasi besi karena gangguan satu fasa ke tanah menyebabkan munculnya bunga api serta merusak inti besi dan isolasi, ini merupakan kerusakan yang serius, sebab perbaikannya harus dilakukan secara keseluruhan atau total. Jenis gangguan ini walaupun kecil harus diproteksi segera. Jangan tergiur harga generator yang kelewat murah namun kualitasnya ternyata buruk.

Kehilangan Medan Penguat
Kehilangan medan penguat bisa membuat putaran pada mesin naik, dan menjadi generator induksi. Keadaan ini bisa menyebabkan pemanasan berlebih pada pasak dan rotor, akibat sirkulasi arus induksi yang terjadi pada rotor. Hilangnya medan penguat tersebut kemungkinan terjadi akibat jatuhnya saklar penguat, terjadinya kerusakan sistem AVR, kerusakan kontak sikat arang di bagian sisi penguat, dan hubung singkat yang terjadi pada belitan penguat.

Tegangan Berlebih
Over voltage atau tegangan berlebihan yang melampaui batas maksimal yang diinginkan bisa menyebabkan tembusnya desain isolasi, sehingga menyebabkan terjadinya hubungan singkat yang terjadi antara belitan.

Rotor Hubung Tanah
Pada bagian rotor generator yang tak dihubungkan belitannya ke tanah, namun salah satu sisinya masih terhubung ke tanah ini belum menimbulkan masalah. Namun jika sisi lainnya terhubung ke tanah, sedangkan sisi sebelumnya tak terselesaikan maka bisa menyebabkan hilangnya arus yang ada di sebagian belitan tersebut yang terhubung secara singkat ke tanah. Sehingga timbullah ketidakseimbangan fluksi dan menimbulkan vibrasi berlebih serta kerusakan fatal yang akan terjadi pada rotor. Konsultasikan terlebih dahulu dari segi jenis dan harga generator sebelum membelinya.

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *