Artfests 500 logo
Business

Apakah Kemampuan Menyampaikan Berita Penting di Dunia Bisnis Terkini?

Apakah Kemampuan Menyampaikan Berita Penting di Dunia Bisnis Terkini?

Tak perlu dipertanyakan lagi apa peran komunikasi dalam berbagai aspek kehidupan seseorang, bahkan termasuk dalam urusan bisnis. Tak peduli posisi apa yang Anda pegang, baik itu pemilik bisnis atau karyawan, komunikasi adalah hal penting yang juga akan menunjang kemajuan bisnis maupun karir Anda.

Untuk mengasah kemampuan komunikasi Anda, baca berita bisnis terkini tentang kemampuan komunikasi yang penting untuk kesuksesan karir dan bisnis Anda berikut ini!

Selalu Pertahankan Sikap Saling Menghormati

Memperlakukan orang lain dengan rasa hormat tidak hanya berhenti ketika Anda berinteraksi dengan klien, pelanggan, atau atasan, tapi juga dengan sesama rekan atau kolega Anda. Pergunakan bahasa berita yang baik, sopan, dan santun selama berkomunikasi dengan siapapun di lingkungan kerja Anda. Selain itu, jaga agar sikap Anda pun tak kalah positifnya. Misalnya, hindari kebiasaan bergunjing, terutama dengan penggunaan media sosial terkini yang semakin umum. Dengan demikian, Anda bisa terhindar dari risiko tercorengnya nama baik yang dapat memengaruhi bisnis maupun karir Anda.

Pertahankan Ketulusan dalam Sikap dan Perbuatan

Selalu wujudkan ketulusan lewat sikap dan perbuatan Anda sehari-hari, dan bukan hanya di mulut saja. Hal ini berkaitan dengan poin sebelumnya. Misalnya, jangan berbuat baik di hadapan seseorang, tapi lantas menjelek-jelekkannya di belakang. Sebab, Anda tidak akan pernah tahu siapa yang akan membocorkan hal tersebut. Dan jika Anda memang selalu menunjukkan ketulusan yang sungguh-sungguh, risiko nama Anda tercemar karena fitnah pun dapat dihindari.

Pikirkan dengan Matang Soal Strategi Komunikasi Anda

Maksudnya adalah berpikir bukan hanya soal menentukan tindakan apa yang perlu dilakukan dalam meraih tujuan atau kesuksesan yang selama ini Anda tuju. Tapi, pikirkan juga cara Anda berkomunikasi dengan orang lain, mulai dari pelanggan, kolega, sampai atasan Anda. Berikan kesan positif agar mereka senang dan terkesan dengan Anda daripada memamerkan apa saja keberhasilan terkini yang telah Anda raih. Ingatlah bahwa orang-orang akan mengingat Anda berdasarkan perasaan atau kesan yang mereka rasakan tentang Anda, bahkan setelah beberapa tahun berselang.

Bijak dan Hati-Hati dalam Menggunakan Media Sosial

Perkembangan teknologi saat ini, termasuk internet, semakin mempermudah masing-masing individu dalam bertukar informasi dan berkomunikasi. Dan dalam urusan komunikasi di dunia kerja, Anda perlu bersikap cermat dan bijak ketika berkomunikasi lewat internet juga, misalnya ketika Anda menggunakan media sosial. Memang benar bahwa masing-masing orang bebas untuk berpendapat, tapi sampaikan dengan cara yang baik dan santun.

Kembangkan Sikap Toleransi

Perbedaan adalah hal yang tak bisa dihindari ketika Anda berinteraksi dengan orang lain. Ada berbagai faktor yang melandasi perbedaan tersebut, seperti agama, suku, dan budaya. Kembangkan sikap toleransi dan saling memahami agar tidak ada salah paham yang timbul di kemudian hari untuk menciptakan situasi yang kondusif di dunia kerja Anda. Hindari pula sikap seolah-olah apa yang Anda yakini adalah benar.

 

 

 

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *