Artfests 500 logo
Business

Mengenal restaurant cooking equipment

Penggunaan Peralatan Masak Dapur

Restaurant cooking equipment adalah peralatan-peralatan memasak yang digunakan pada skala dapur komersial untuk berbagai keperluan bisnis kuliner seperti restoran, cafe, catering dan lain sebagainya. Peralatan ini dipilih untuk mendukung keberhasilan bisnis yang sedang dijalankan. Restaurant cooking equipment akan berguna dalam meningkatkan kualitas menu yang disajikan, meningkatkan kecepatan penyajian menu, membantu penyimpanan bahan baku agar tetap berkualitas, serta mengurangi biaya labour yang diperlukan untuk menyiapkan suatu masakan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih peralatan memasak tersebut diantaranya, besarnya skala bisnis yang akan dijalankan dan seberapa besar ruang yang tersedia serta kapasitas output yang diinginkan dalam jangka waktu tertentu. Misalkan jumlah output yang diharapkan berkisar pada jumlah konsumen 100-200 orang, maka jumlah ini termasuk membutuhkan peralatan memasak dengan skala kecil. Biasanya pada saat pengenalan produk, vendor terkait akan menginformasikan berapa jumlah masakan yang dapat disajikan dengan peralatan masak tersebut.

Kemudian jenis menu seperti apa yang akan disajikan kepada konsumen. Apakah itu berupa makanan atau minuman? Apakah itu berupa menu-menu makanan berat seperti nasi, mie, bakso, atau menu makanan ringan atau dessert seperti ice cream, waffle, crepe, dan lain sebagainya. Misalkan jika menu yang akan disajikan adalah untuk menu makanan ringan, biasanya luas ruangan produksi yang digunakan akan relatif lebih sederhana dibandingkan dapur untuk masakan berat. Peralatan yang diperlukan pun tergolong lebih kecil dan praktis seperti ice cream maker, waffle maker, dan lain sebagainya.

Yang ketiga seberapa besar tempat produksi yang tersedia, termasuk ruang display yang tersedia. Agar ukuran peralatan masak yang dipilih dapat disesuaikan dengan tata letak ruangan sehingga tidak terlalu kecil untuk mendukung proses memasak tetapi tidak juga terlalu besar sehingga mengganggu proses memasak. Biasanya peralatan masak untuk keperluan komersial didesain dengan bentuk yang kompak tanpa meninggalkan fungsi dari peralatan itu sendiri. Desain yang ergonomis termasuk juga pada kemudahan peralatan masak tersebut saat dibersihkan. Dikarenakan peralatan memasak itu akan sering digunakan, maka menjadi penting agar peralatan tersebut mudah dibersihkan untuk mencegah kontaminasi yang tidak diinginkan.

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *