Artfests 500 logo
Teknologi

Sistem Lampu PJU Bertenaga Surya Yang Belum Anda Ketahui

Sistem Lampu PJU Bertenaga Surya Yang Belum Anda Ketahui

Penerangan jalan umum bertenaga surya adalah lampu jalan yang menerangi jalan atau kawasan tertentu dengan bantuan sinar matahari. Penerangan jalan umum dengan tenaga surya ini  sangat dianjurkan untuk menggunakan tipe lampu LED. lampu PJU tenaga surya menghasilkan listrik yang lebih hemat dan efisien. Cara kerja dari lampu jalan tenaga surya adalah energi matahari di siang hari ditangkap dan disimpan di dalam aki atau baterai, tidak menggunakan kabel listrik, dan tidak membutuhkan aliran listrik dari PLN. Berikut adalah pertimbangan-pertimbangan mengapa harus menggunakan lampu LED pada lampu jalan tenaga surya:

  1. Lampu LED memiliki daya tahan terhadap sel surya atau sel solar
  2. Lampu LED bersifat mandiri dengan bantuan tenaga matahari sehingga tidak membutuhkan adanya jaringan atau kabel listrik
  3. Tidak merusak fasilitas ataupun lingkungan untuk menggali kabel
  4. Tidak memerlukan perawatan khusus
  5. Sangat mudah untuk diinstal
  6. Dapat dipindah-pindah dengan mudah

Lampu jalan bertenaga surya dapat diaplikasikan pada lampu taman, lampu di lapangan parkir, lampu jalan di pedesaan, lampu di dermaga, perkebunan, kawasan wisata bahkan sampai pada jalan pertambangan. Penerangan jalan umum bertenaga surya sangat cocok untuk daerah-daerah tertinggal di Indonesia yang masih belum terjamah aliran listrik.

Komponen PJU tenaga Surya

Komponen yang dibutuhkan untuk merencanakan penerangan jalam umum dengan tenaga surya antara lain:

  1. Komponen pembangkit

Komponen pembangkit yang dimaksud terdiri dari panel surya, solar charge controller, dan juga baterai.

  1. Komponen beban

Komponen beban PJU tenaga surya hanya membutuhkan lampu LED.

  1. Komponen pendukung

Komponen pendukung terdiri dari komponen tiang, kotak baterai, dan aksesoris pendukung lainnya.

Keunggulan PJU tenaga surya

Secara umum penerangan jalan umum bertenaga surya untuk dapat menghasilkan cahaya melalu energi yang bebas akan adanya biaya tambahan seperti biaya perawatan. Lampu PJU tenaga surya mudah dipasangkan pada komponen beban yaitu lampu LED, Sehingga dapat dengan mudah mengatasi kebutuhan masyarakat akan pencahayaan di tempat umum. Berikut beberapa keunggulan Lampu PJU tenaga surya antara lain:

  1. Hemat biaya
  2. Bebas polusi
  3. Ramah lingkungan
  4. Tahan lama sampai dua puluh lima tahun

Kelemahan PJU tenaga surya

Selain kelebihan yang telah dijelaskan, ternyata penerangan jalan umum dengan tenaga surya juga memiliki kelemahan dimana biaya investasi proyek yang mahal dan harus bersiap dengan kondisi cuaca yang tidak menentu dimana matahari tidak dapat menampakkan sinarnya dengan maksimal.

Itulah penjelasan tentang penerangan jalan umum yang dihasilkan dari tenaga surya yang dapat menambah wawasan pengetahuan Anda. Sebenarnya selain tenaga surya masih banyak lagi sumber alternatif lain untuk membangkitkan tenaga listri dengan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia.

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *