Artfests 500 logo
Arsitektur

Kelemahan Furniture Rotan Alami

Ilustrasi furniture unik

Sama seperti material perabotan rumah lainnya, furniture rotan ini juga memiliki kekurangan di samping kelebihan yang ia miliki. Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh furniture yang terbuat dari rotan alami adalah :

  1. Mudah rusak oleh serangga ataupun binatang pengerat lainnya

Sama halnya dengan perabotan rumah tangga yang terbuat dari kayu, furniture rotan juga rentan akan serangan dari serangga serta binatang pengerat yang ada. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena hal itu dapat dengan mudah diatasi dengan beberapa perlakuan khusus yang dapat Anda berikan ke furniture rotan yang Anda miliki agar tidak mudah dirusak atau terhindar dari serangan hewan – hewan tersebut.

  1. Konstruksi yang ada tidak terlalu kuat

Rotan juga memiliki kelemahan, yaitu konstruksi yang dikerjakan tidak begitu kuat sebab bila dilihat dari teknik pembuatan furniture rumah tangga dari rotan ini hanya mengandalkan satu buah metode saja yakni metode anyaman. Tetapi beberapa jenis furniture sudah dipadukan dengan jenis material lainnya seperti baja ringan, besi, dan lainnya sehingga Anda tak perlu ragu dan takut untuk mencoba furniture rotan yang satu ini.

  1. Sering menjadi tempat berkumpulnya debu

Hal ini disebabkan karena furniture rotan ini memiliki banyak sekali jumlah yang dilihat dari bentuknya berupa anyaman. Bila Anda adalah tipe orang yang jarang dan malas untuk bersih-bersih, dapat dipastikan, partikel – partikel udara kotor yang sudah mengumpul di lubang – lubang tersebut, lama kelamaan akan menggumpal sehingga sangat sulit untuk dibersihkan sampai tuntas.

  1. Tidak dapat terpapar sinar matahari terlalu lama

Rotan memiliki sifat yang tidak bisa terkena paparan panas matahari serta guyuran hujan terus – menerus karena furniture tersebut akan mudah sekali untuk rusak. Sebaiknya, Anda meletakkan segala jenis bahan yang terbuat dari bahan tersebut di tempat yang terlindung dari keduanya. Selain itu, kelemahan lain dari furniture yang terbuat dari rotan adalah biaya perawatan serta bentuk perawatan yang lumayan sulit dan membutuhkan banyak biaya.

Itu dia beberapa kelemahan dari furniture rotan yang perlu dan wajib untuk Anda ketahui. Jika memang beberapa kelemahan tersebut menjadi kekhawatiran utama, alternatifnya adalah menggunakan furniture rotan sintetis.

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *