Artfests 500 logo
Arsitektur, Konstruksi

Kelebihan Menggunakan Baja Ringan

contoh penggunaan baja ringan untuk atap

Penggunaan baja ringan memiliki kelebihan dan kekurangan. Apa saja kelebihannya?

Mudah di pasang

Sesuai dengan namanya, baja jenis ini merupakan baja yang memiliki bobot yang ringan. Bobot yang ringan dari baja ini akan memberikan kemudahan pada anda yang akan memasangnya. Ketika anda akan memasang baja sebagai salah satu bahan bangunan anda, maka anda tidak akan membutuhkan banyak orang dan tenaga untuk memasangnya dibandingkan dengan bahan lain yang ia gantikan. Contohnya kayu sebagai kuda-kuda atap. Memasang kayu untuk kuda-kuda atap akan membutuhkan tenaga yang lebih besar dibandingkan dengan menggunakan baja ringan bukan?

Mempersempit waktu pembangunan

Salah satu kelebihan yang didapatkan ketika menggunakan baja jenis ini adalah mengefektifkan waktu pembangunan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, baja yang memiliki bobot yang ringan ini tidak membutuhkan tenaga yang besar untuk memindahkan atau memasangnya di tempat bangunan. Selain tidak membutuhkan tenaga yang besar untuk pemasangannya, penggunaan baja ringan ini juga akan membantu anda untuk mempersempit waktu pemasangan sehingga pembangunan dapat dilakukan lebih efektif.

Lebih fleksibel

Karena bentuknya yang lebih tipis dan memiliki bobot yang ringan, keuntungan lain yang akan di dapat dari penggunaan bahan ini adalah dari sifat fleksibel yang dimilikinya. Baja ringan lebih fleksibel ketika digunakan sebagai bahan bangunan. Dengan penggunaannya anda bisa membuat bangunan yang lebih tinggi dan lebih aman terhadap gampang. Hal ini disebabkan karena strukturnya yang lebih fleksibel dan lebih ringan. Meski begitu tidak perlu khawatir mengenai kekuatannya. Untuk kekuatannya, baja ringan memiliki kekuatan penuh seperti kekuatan material tradisional seperti kayu dan baja lainnya.

Anti rayap dan keropos

Kelebihan lain yang dimiliki oleh baja jenis ini adalah ketahanannya terhadap rayap dan keropos.konstruksi baja ini memang memiliki daya tahan yang lebih kuat dibandingkan dengan serangan rayap. Selain anti rayap baja ini juga memiliki pelapisan yang akan membantu baja ringan bertahan lebih lama karena tahan terhadap serangan korosi yang disebabkan oleh air atau udara.

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *